BISNIS ITU PERLU RENCANA

Admin
0
(Gambar: Business Model Canvas)

Rencana atau perencanaan adalah sebuah tahapan penting sebelum melakukan sesuatu. Semakin besar sesuatu yang akan dibuat, perencanaannya pun harus semakin matang. Saking pentingnya sebuah perencanaan, sehingga para akademisi menganggap perlu adanya mata kuliah Ilmu Perencanaan yang diajarkan di Perguruan Tinggi, bahkan muncul sebuah ungkapan yang menyatakan " melakukan sesuatu tanpa rencana, sama halnya merencanakan kegagalan".

Salah satu fungsi dari perencanaan dalam dunia bisnis adalah memberikan self motivation kepada Owner perusahaan. Karena dengan adanya perencanaan yang matang, maka sekalipun bisnis itu dimulai dari kecil, namun akan memberikan keyakinan kepada Owner bahwa suatu saat bisnisnya akan berkembang dan bertahan lama. 

Dalam membangun dunia bisnis, perencanaan sebagai bagian yang fundamental terbagi beberapa bagian mulai dari umum dengan jangkauan luas, hingga bagian spesifik dan mendetail. 
Bagian-bagian dari perencanaan bisnis itu di antaranya:

VISI dan MISI.
Secara sederhana, visi adalah sebuah pernyataan yang dikemukakan untuk menggambarkan tujuan yang akan dicapai oleh bisnis yang bersangkutan.
Sedangkan misi adalah uraian langkah yang ditempuh untuk mencapai visi yang dimaksud. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyatakan visi adalah, visi harus datang dari inti keinginan yang hendak dicapai, realistis, dinyatakan secara sederhana dan disampaikan secara konsisten dan meluas.

ANALISIS SWOT
Analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu.

Komponen yang harus dianalisis dalam bagian ini ada empat (4). Dua (dua) merupakan bagian internal bisnis dan dua (2) lainnya berasal dari eksternal bisnis kita. Yang pertama adalah Strength (Kekuatan), yaitu kelebihan-kelebihan apa saja yang dimiliki oleh bisnis kita. Kedua adalah Weakness (kelemahan), merupakan inisiatif-inisiatif internal yang mempunyai potensi kurang baik dalam bisnis kita. Ketiga (3) yaitu Oportunity (peluang) adalah hal-hal yang bisa memberikan kita posisi yang kompetitif di tengah-tengah kehadiran kompetitor. Keempat (4) adalah Threat (ancaman), yaitu hal-hal dari eksternal yang bisa mendatangkan masalah.

MODEL CANVAS
Model canvas adalah kerangka kerja yang membahas model kerja dengan disajikan dalam bentuk visual berupa kanvas lukisan, agar dapat dimengerti dan dipahami dengan mudah. 
Model canvas ini terbagi beberapa, dua (2) di antaranya adalah Business Model Canvas yaitu alat dalam strategi manajemen untuk menerjemahkan konsep, konsumen, infrastruktur, dan keuangan perusahaan dalam bentuk elemen visual.

Selanjutnya adalah Brand Model Canvas. Seperti Bisnis Model Canvas, Brand Model Canvas juga mempunyai sembilan (9) kolom keterangan untuk menggambarkan pesan dan cara penyampaian dari brand yang hendak kita bangun.
(Gambar: Brand Model Canvas)

RENCANA KEUANGAN
Jangan salah, rencana keuangan di sini tidak hanya menyangkut bagaimana mencari pinjaman kredit untuk usaha. Tapi bagaimana terlebih dahulu merencakan biaya yang akan digunakan dalam membangun bisnis, rencana biaya pembuatan produk, rencana margin penjualan, break event point, dan rencana investasi. Rencana keuangan ini biasanya dituangkan dalam bentuk catatan Cash Flow atau Arus Kas.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang mau memulai berwirausaha dan selanjutnya menjadi pilar dalam membangun usaha dan brandmu.
Bagaimana sobat Maraddia, sudah siap membangun bisnis dan brandmu ?.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)