Pembukaan Seleksi IKRA Indonesia se-Indonesia Timur
(Foto dok. pribadi)
Kopi kita boleh beda, tapi Indonesia kita tetap satu. Sebuah kalimat pembuka yang aku ucap saat memulai sesi presentasi dalam event seleksi IKRA Indonesia yang berlansung meriah di hotel Claro, Makassar pada Rabu, 28/2/2024 lalu.
IKRA Indonesia adalah sebuah lembaga yang mendorong dan
mempertemukan para pelaku UMKM syariah se-Indonesia. Tujuannya adalah agar
paraa pelaku UMKM bisa menjalankan usaha secara syar'i dan menciptakan produk
halalan thoiyiban terlepas apakah pelaku UMKM bersangkutan seorang muslim atau
bukan.
Melihat produk peserta seleksi lain dengan tampilannya yang
keren, tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagaimana menarik perhatian
dewan juri. Sebuah kebanggan melihat produk dari kawan-kawan pelaku usaha
se-Indonesia Timur sudah sedemikian maju.
Pada bagian presentasi ini, setiap peserta akan diberi kuota
durasi lima menit untuk menjelaskan segala aspek usahanya mulai dari proses
berdiri, alasan menentukan brand hingga apa saja yang telah mereka lakukan
dimasyarakat. Setelah itu, akan diberikan durasi waktu dua puluh menit kepada
dewan juri untuk mendalami materi presentasi yang disampaikan oleh peserta. Kenapa
harus kopi Cap Maraddia?. Tohok Chef Bara tiba-tiba di penghujung tanya jawab
setelah pemaparan untuk kopi Cap Maraddia® rampung.
Sekedar informasi, yang saya sebut dengan Chef Bara itu
adalah Bara Raoul Pattiradjawane yang seorang jurutama masak, penulis, bintang
Iklan sekaligus host pada program acara Gula-Gula yang tayang di Trans TV sejak
2005 silam. Kebayang kan, gimana rasanya ditanya sama orang kondang dan ahli
dibidang rasa kayak begitu saat situasi kompetisi. Rasanya campur baur dan
bikin deg-deg plass gitu.
Pertanyaan ini sebenarnya adalah sebuah pertanyaan dasar
yang selalu menjadi pertimbangan setiap orang sebelum memutuskan menjadi
kostumer sebuah produk. Apapun bentuknya. Dan untuk menjawab pertanyaan seperti
inilah maka idealnya setiap orang atau minimalnya owner usaha yang terlibat
dalam proses marketing harus mengetahui philosofi dari brand yang mereka
bangun.Beruntung karena sudah melakukan persiapan yang cukup, hingga tohokan
pertanyaan itu tidak membuat gugup.
Dengan lancar ku paparkan kenapa kopi Cap Maraddia® layak untuk hadir mengisi gelas-gelas kopi orang Indonesia sebab kopi Cap Maraddia® adalah produk yang berdiri dan berakar kuat dalam pelestarian sejarah dan budaya masyarakat Sulawesi Barat. Sehingga dengan mengonsumsi kopi Cap Maraddia® sama halnya ikut serta berpartisipasi dalam melestarikan kearifan lokal Sulawesi Barat yang adiluhung.
Setelah sesi tersebut berakhir, tibalah waktunya untuk
menunggu hasil keputusan para dewan juri untuk menentukan siapa yang layak
untuk menjadi anggota IKRA Indonesia kali ini. Dan peserta harus bersabar
selama setidaknya sepekan atau dua pekan untuk dapat mengetahui hasilnya. Tentu
saja, kita berharap kopi Cap Maraddia dapat turut lolos. Semoga.