(Foto: Salah satu expo yang diikuti oleh kopi Cap Maraddia®)
Expo merupakan singkatan dari Exposition yang bermakna pameran atau pembentangan. Secara umum Expo diartikan sebagai trade fair atau pameran perdagangan.
Kadangkala expo diadakan disebuah business area atau diadakan dalam event ceremonial seperti ulang tahun instansi atau ulang tahun sebuah daerah kabupaten atau provinsi.
Expo terkait dengan kegiatan yang menjadi fokus perusahaan atau instansi untuk menunjukkan produk terbaru, social/market education atau pencapaian oleh instansi.
Ada beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengikuti expo, antara lain:
1. Meningkatkan Visibilitas
Expo menjadi kesempatan untuk memberikan informasi produk dan layanan yang lebih jelas kepada konsumen. Saat expo pelaku usaha bisa memamerkan produknya sekaligus membuka diskusi dan interaksi dengan konsumen.
2. Meningkatkan Brand
Dengan mengikuti expo, usaha kita akan semakin dikenal lebih luas. Jika semakin banyak orang yang mengetahui perusahaan kita, maka branding produk kita pun semakin meningkat. Tentu saja hal ini dapat mendorong terbentuknya kepercayaan masyarakat terhadap produk kita.
3. Mendapatkan Target Konsumen Yang Lebih Tepat
Kalau kita melakukan promosi di tempat umum, maka orang yang memperoleh informasi bisa beragam. Bisa jadi masyarakat yang kurang peduli dengan produk kita pun akan menjadi target promosi tersebut.
Berbeda dengan expo, pengunjung biasanya merupakan orang yang sudah kenal bahkan sangat akrab dengan produk kita. Pengunjung expo otomotif pastilah hobi dan tertarik dengan otomotif.
4. Meningkatkan Mutu Produk
Perusahaan yang mengikuti expo biasanya akan menampilkan produk terbaiknya. Tentu saja. Karena perusahaan berupaya mendapatkan kesan terbaik pula dari pengunjung. Selain itu, dengan melihat pesaing lain, kita juga akan didorong meningkatkan kualitas produk kita.
Jangan asal mengikuti expo, berikut tips bagi pelaku UMKM saat berkesempatan hadir disebuah expo:
1. Carilah informasi mengenai reputasi penyelenggara. Pilihlah penyelenggara Expo yang memiliki reputasi bagus dan telah sukses menggelar event-event sebelumnya.
2 Pilihlah lokasi yang strategis agar mudah terlihat dan dijangkau pengunjung. Lokasi juga menentukan kesuksesan.
3 Buatlah booth ramai dikunjungi dengan untuk menarik pengunjung seperti dengan membuat dekorasi yang menarik, menyelenggarakan game, menyediakan give away, dan lainnya.
4. Sebisa mungkin jalin komunikasi dengan pengunjung. Berikan informasi produk selengkap-lengkapnya agar pengunjung mendapatkan referensi yang memuaskan.
5. Saat expo, datangilah booth yang ramai dikunjungi. Amati alasan mengapa booth tersebut ramai dikunjungi lalu jadikan itu sebagai referensi agar booth kita juga ramai dikunjungi.
Nah Sahabat Maraddia, apakah tertarik mengikuti Expo? Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah keingintahuan Anda seputar Expo ya. Mari kita tingkatkan skala bisnis kita di nasional maupun internasional.